10 Manfaat Oatmeal Untuk Kecantikan Wajah. Penasaran?

Hani Apriliani
10 Manfaat Oatmeal Untuk Kecantikan Wajah. Penasaran?

Oatmeal pasti nggak asing lagi buat kamu yang sedang menjalani diet sehat. Ya, oatmeal memang dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan yang terbuat dari gandum ini sering dijadikan bahan pengganti nasi dana man jika dikonsumsi setiap hari.

Rupanya selain bagus untuk kesehatan, oatmeal pun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Satu diantaranya yaitu membuat wajah tampak lebih halus dan cerah. Sebab kandungan antioksidan serta sejumlah zat dengan efek antiradang yang terdapat dalam oatmeal, mampu bekerja dengan baik melembapkan kulit dan menjaga kesehatan sel-sel kulit. Untuk lebih jelasnya Galadiva, bakal kasih tahu kamu ragam manfaat oatmeal untuk wajah jika digunakan sebagai masker.

Melembapkan kulit wajah

Manfaat oatmeal untuk wajah yang pertama adalah melembapkan kulit wajah. Menggunakan masker oatmeal mampu mengembalikan kelembapan alami pada lapisan kulit dan menjaganya agar tetap lembap. Khasiat ini mampu menjadikan oatmeal sebagai bahan pelembap alami bagi kulit dan wajah.

Meredakan iritasi kulit

Dengan efek anti radang, oatmeal mampu meredakan iritasi yang terjadi pada kulit yang disebabkan karena kulit kering, kasar, dan bersisik. Jika kulit bagian tubuh lainnya mengalami eksim, alergi, atau dermatitis kamu pun bisa mengoleskan masker oatmeal ke bagian kulit yang mengalami masalah tersebut. Dengan pemakaian teratur, masalah kulit yang kamu alami bisa disembuhkan dengan bahan alami ini.

Melindungi kulit dari efek sinar UV

Kamu pasti sudah tahu bahwa sinar matahari mengandung UV yang dapat membahayakan kulit jika sering terpapar. Selain menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit, rajin menggunakan oatmeal sebagai masker juga bisa melindungi kulit dari dampak sinar UV, lho!

Pasalnya oatmeal diketahui memiliki zat yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Nggak hanya sebagai proteksi, oatmeal juga bisa membuat kulit lembap dan lembut.

Mengurangi kerutan

Oatmeal mengandung antioksidan dan banyak zat yang bisa memberikan efek anti-aging. Efek anti-aging tentu bermanfaat untuk memperlambat penuaan kulit dan mencegah terbentuknya kerutan serta bintik hitam di kulit wajah akibat kulit yang semakin menua.

Oatmeal juga dapat merangsang pembentukan jaringan kulit baru sehingga regenerasi sel mampu membuat wajah tampak awet muda. Oh ya, karena manfaat oatmeal untuk wajah juga bisa melembapkan, oleh sebab itu kerutan di wajah jadi tampak tersamarkan.

Mengangkat sel kulit mati

(House photo created by lifeforstock - www.freepik.com">House photo created by lifeforstock - www.freepik.com)

Selanjutnya, manfaat oatmeal untuk wajah yaitu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Teksturnya yang lembut mampu mengangkat sel kulit mati serta membersihkan kotoran hingga ke dalam pori-pori. Ada banyak pilihan produk scrub oatmeal yang dijual di pasaran yang bisa kamu gunakan. Tapi kamu juga bisa memanfaatkan oatmeal sisa masker sebagai scurb.

Merawat kulit sensitif

Manfaat oatmeal untuk wajah lainnya yaitu merawat kulit sensitif. Karena potensi alergi yang ditimbulkan oleh oatmeal sangat rendah, maka dari itu oatmeal pun dinyatakan aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif sekalipun. Bahkan jika kamu mengalami masalah kulit wajah akibat salah menggunakan produk, oatmeal bisa jadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai remedi kulit.

Mengecilkan pori-pori

(Paint photo created by Racool_studio - www.freepik.com">Paint photo created by Racool_studio - www.freepik.com)

Meringkas ukuran pori-pori merupakan manfaat oatmeal untuk wajah. Pori-pori yang besar memang mengganggu banget, kan? Untuk itu rajin maskeran dengan oatmeal bisa membantu mengecilkan ukuran pori-pori. Oatmeal bisa menyerap minyak berlebih pada wajah. Jika minyak wajah dapat terkontrol, otomatis pori-pori kulit pun jadi mengecil.

Membuat wajah lebih cerah

Perpaduan antara oatmeal dan madu memang merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin memiliki wajah tampak lebih cerah. Kandungan hypoallergenic pada oatmeal berfungsi untuk memutihkan, serta madu yang juga mampu berperan sebagai eksfoliator yang sangat baik. Sehingga kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan juga cerah alami.

Membersihkan wajah

Manfaat oatmeal untuk wajah juga untuk membersihkan wajah. Sifat pembersih dari saponin dalam oatmeal bisa membersihkan wajah secara menyeluruh, lho!

Menjaga keseimbangan pH

Menjaga keseimbangan pH wajah adalah manfaat baik oatmeal untuk wajah. Bermacam zat baik yang terkandung dalam oatmeal mampu menjalankan tugas sebagai buffering agent yang membantu kulit mempertahankan pH normal. Khasiat ini bisa langsung kamu dapatkan setelah membersihkan muka dengan sabun dan langsung mengaplikasikan oatmeal sebagai masker wajah.

Cara membuat masker oatmeal

(Food photo created by Racool_studio - www.freepik.com">Food photo created by Racool_studio - www.freepik.com)

Kalau kamu udah paham tentang manfaat oatmeal untuk wajah, sekarang Galadiva bakal bagikan cara membuat masker oatmeal untuk wajah dengan berbagai macam campuran bahan alami yang juga punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Simak terus, ya!

Oatmeal dan Madu

Gunakan madu sebagai bahan campuran untuk membuat masker oatmeal. Kombinasi dari kedua bahan ini bisa membuat jerawat lebih cepat sembuh serta mampu menutrisi kulit yang kering sehingga lembab alami dan lebih halus. Cukup campur oatmeal dan madu dengan perbandingan 1:1 dan kemudian oleskan secara merata di area wajah.

Oatmeal dan Putih Telur

Nutrisi di dalam putih telur mampu membersihkan kotoran dan mencegah munculnya komedo. Selain itu, dapat mengurangi garis halus di wajah, mencegah munculnya keriput, mengecilkan pori-pori dan mencerahkan wajah.

Mencampurkan putih telur ke dalam masker oatmeal menjadi perpaduan yang sempurna untuk membuat wajah tampak lebih glowing. Setelah tercampur oleskan secara merata ke seluruh wajah dan biarkan selama beberapa menit. Jika sudah kering bilas menggunakan air hangat.

Oatmeal, Tomat, dan Air Mawar

Campuran ketiga bahan ini benar-benar efektif menyerap minyak di kulit wajah. Rajin menggunakan masker campuran oatmeal, tomat, dan air mawar dapat menjadikan kulit bersih maksimal serta mengecilkan pori-pori.

Caranya, campurkan oatmeal, tomat yang sudah dihaluskan dengan air mawar. Setelah itu oleskan secara merata di wajah. Biarkan selama beberapa menit. Jika sudah kering bilas menggunakan air.

Oatmeal dan Lemon

Kombinasi kedua bahan ini bisa membuat wajah lebih putih secara alami. Campurkan oatmeal dengan air perasan lemon, dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan ke wajah secara menyeluruh. Kemudian biarkan selama beberapa menit. Jika sudah kering bilas menggunakan air.

Oatmeal, Tepung Beras, Kunyit

Manfaat oatmeal untuk wajah juga bisa kamu dapatkan jika mencampurkan oatmeal, tepung beras, dengan kunyit. Jika kamu mencampurkan air kunyit ke dalam masker oatmeal, maka kombinasi keduanya bisa menjadi antibiotik alami. Kedua bahan ini efektif membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga bisa menghaluskan kulit wajah. Apalagi jika kedua bahan tersebut dicampur dengan tepung beras. Maka ketiga bahan tersebut menjadi kombinasi yang sempurna.

Campurkan sedikit tepung beras dengan kunyit dan juga oatmeal. Setelah tercampur, oleskan pada wajah hingga rata dan biarkan selama beberapa menit. Jika sudah kering bilas menggunakan air

LATEST ARTICLE