11 Daftar Makanan Yang Baiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

Nesia Amarasthi
11 Daftar Makanan Yang Baiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

Saat tidur, detoksifikasi tubuh akan berlangsung. Tidur juga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menyuntik energi keesokan harinya. Ditambah lagi, tidur adalah upaya tubuh untuk rileks dan beristirahat. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu perlu menghindari mengkonsumsi 11 daftar makanan ini.

Sebenernya tidak dilarang untuk makan sebelum tidur. Kamu boleh makan makanan yang aman dan mendukung tidur nyaman. Tapi, hindari makan makanan di bawah ini, ya.

Brokoli

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Delish, brokoli dan kol banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, sayuran ini juga mengandung sejumlah serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Tubuh akhirnya akan bekerja keras untuk mencerna dan mengganggu tidur nyamanmu.

Daging merah

Sama halnya dengan seporsi steak atau ground beef grill, tingginya protein didalamnya mempunyai efek yang sama dengan sayuran brokoli dan kol.

Olahan daging dan keju

Dua makanan ini, daging olahan dan keju, mengandung tyramin. Dalam zat tersebut ada asam amino yang membuatmu tetap terjaga. Jika tak ingin terpaksa begadang, hindari konsumsi daftar makanan ini sebelum tidur.

makanan yang perlu dihindari

Jeruk

Berbagai macam jeruk dan olahannya mengandung asam tinggi. Bukan ide yang bagus untuk mengudap jeruk segar sebelum tidur. Pun jika ditambah gula yang justru mengakibatkan efek lain dalam tubuh.

Es krim

Menurut penjelasan dari Dr. Josh Axe, pendiri Ancient Nutrition, es krim menyimpan banyak gula yang mempengaruhi tingkat insulin. Dan, jika tingkat insulin meninggi maka kamu akan kesulitan tidur.

Coklat

Dalam sapotong coklat terdapat kandungan kafein. Dalam 79 miligram coklat efeknya sama dengan 8 ons kopi. Nah, jika ingin mengkonsumsi coklat, pastikan bukan dark chocolate dan tidak sebelum tidur.

Burger dan pizza

Memanjakan diri dengan tekan order dan menikmatinya sambil nonton series memang yahud. Tetapi, jangan dengan dua makanan ini jika ingin tidur tepat waktu dan cukup. Kedua makanan ini kandungan lemaknya sangat tinggi. Proses cerna membutuhkan waktu lama dan membuatmu lebih lama terjaga.

makanan yang perlu dihindari: pizza

Sereal manis

Baiknya, sebelum tidur mengkonsumsi corn flakes dengan takaran yang pas. Hindari menyantap semangkuk sereal manis karena kandungan gulanya akan berefek pada tidurmu.

Makanan Pedas

Makanan pedas bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Tetapi, saat suhu tubuh menurun saat bersiap tidur akan meningkat kembali karena efek termogenik dari cabe rawit. Ini membuatmu sulit tidur, lho.

Dried fruit

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan kering bisa memproduksi banyak gas dan kram perut. Apalagi dimakan saat malam hari sebelum tidur. Tunggulah esoak pagi untuk memakannya agar nutrisinya bekerja sebagaimana mestinya.

makanan yang perlu dihindari: es cream

Gorengan dan saus tomat

Berniat mengganjal perut agar tidur nyenyak? Pilih saja buah seperti pisang. Baiknya, tunda untuk makan gorengan yang dicocol saus tomat. Gorengan mengandung lemak jenuh dan tomat mengandung asam adalah perpaduan jahat yang bisa menunda tubuh istirahat.

LATEST ARTICLE