3 Tahap Memaafkan Pasangan yang Berselingkuh

Hani Apriliani
3 Tahap Memaafkan Pasangan yang Berselingkuh

Masih marah dan dendam atas perselingkuhan yang dilakukan pasangan? Sementara itu, kamu juga bingung harus menerima permintaan maaf si dia atau tetap membungkam. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ambil sebelum memaafkannya. Agar bisa move on dan melanjutkan hidup, kamu perlu memaafkan meski susah melupakan.

Buat Daftar Pertanyaan

Selektif mengajukan pertanyaan untuk pasanganmu. Sebaiknya pada pembahasan pertama, fokus lah kepada pertanyaan ‘kapan’, ‘di mana’, dan ‘mengapa’, bukan ‘siapa’. Karena jika dari awal kamu sudah mencecarnya dengan ‘siapa’, maka kamu akan sulit mengambil keputusan dengan tenang.

Perhatikan Jawabannya

Sebaiknya pastikan setiap pertanyaan yang kamu ajukan memang terjawab olehnya. Tunggu sampai ia selesai menjawab, baru ajukan pertanyaan lain, jangan memotong pembicaraannya. Kalau perlu, ulangi jawaban si dia dengan maksud bahwa kamu dan pasangan berada dalam satu pengertian. Tetap tenang biar kamu tahu kebenarannya, ya.

Diskusi dan solusi

Setelah melewati pertanyaan dan mengetahui alasan mengapa pasangan melakukan perselingkuhan, selanjutnya lakukan diskusi dan mencari solusi. Temukan hal yang harus diperbaiki dari kalian berdua, mana yang bisa dikompromi, dan mana yang nggak. Sebuah permintaan maaf idealnya mengarah kepada perilaku yang sesuai dengan omongannya. Jika nggak menemukan titik temu, maka bisa jadi kamu dan pasangan sebenarnya kurang cocok.

Sedangkan, jika kamu dan pasangan memutuskan untuk rekonsiliasi, Psikolog Nessi Purnomo seperti yang dilansir dari Cleo menjelaskan, “Prinsipnya dalam sebuah affair kan berarti ada sesuatu yang tidak dipenuhi oleh pasangannya, makanya dia berpaling ke wanita lain. Atau mungkin ada kebiasaan buruk yang menjadi kelemahannya. Apa nih yg kurang? Apakah pasangan Anda jago memanipulasi fakta? Seberapa sering dia berbohong? Ini kan seperti sebuah alarm yang berbunyi dan menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres. Nah, jika Anda dan pasangan ingin hubungan berlanjut, hal ini harus dibenahi terlebih dahulu.”

LATEST ARTICLE