3 Trik Ampuh Membuat Bayi Mudah Tidur Nyenyak

Dian Afrillia
3 Trik Ampuh Membuat Bayi Mudah Tidur Nyenyak

Membuat bayi tertidur tanpa banyak drama adalah sebuah keinginan semua orang tua. Maklum, bayi cenderug sering sudah tidur padahal ibu mungkin sudah lelah karena kurang istirahat. 

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bayi cepat tidur sehingga orang tua bisa santai sejenak atau ikut istirahat. Yuk dipraktikkan di rumah! 

Ferberizing

Cara pertama, ibu isa coba teknik ferberizing. Ketika ia menangis, diamkan sampai berhenti sendiri dan tertidur. Namun, ini dilakukan memang saat waktunya tidur ya. Pada malam hari, lakukanlah rutinitas sebelum tidur, misalnya berganti pakaian, meredupkan lampu, atau mendengarkan musik. 

Ketika memasuki waktunya tidur, baringkan ia di kasur dan segera menjauh. Ibu boleh menemaninya sekitar 5 menit ketika menangis setelah itu bisa ditinggalkan. Intip sesekali tapi demi keamanan tapi jangan tergoda untuk menggendongnya. 

Long goodbye

Untuk yang satu ini juga caranya dengan menjauhkan diri dari bayi ketika memasuki waktu tidur. Tujuannya juga agar bayi nggak terlalu ketergantungan pada ibunya. Pada waktunya tidur, bayi bisa dibaringkan di tempat tidurnya lalu temani beberapa saat sampai nggak rewel. Ibu bisa menepuk-nepuk punggung atau kepalanya sampai ia jadi mengantuk lalu perlahan menjauh. 

White noise

Bila anak sering terbangun, bisa jadi karena ia mendengar suara-suara kecil misalnya bunyi saklar lampu, suara air, atau suara pintu yang ditutup. Untuk mencegah ia terbangun saat baru mulai tidur, ibu bisa memutar white noise yang terdiri dari berbagai frekuensi suara. Ketika dimainkan, white noise bisa menutupi suara lain sehingga bayi jadi nggak terganggu. 

Untuk white noise sendiri bisa mudah dicari di aplikasi atau Youtube ya! Kenapa suara-suara yang cenderung aneh dan nggak jelas ini bisa membuat bayi gampang tertidur? Soalnya memang white noise ini mirip sama suara-suara yang didengar bayi saat dalam rahim. Nah, suara yang familiar dan didengarkan berulang ini bisa bikin dia rileks sehingga mudah terlelap. 





LATEST ARTICLE