4 Pengeluaran yang Dianggap Biasa, Tapi Bikin Kantong Kering. Penasaran?

Hani Apriliani
4 Pengeluaran yang Dianggap Biasa, Tapi Bikin Kantong Kering. Penasaran?

Apa kamu pernah berhitung, berapa sih uang yang harus dikeluarkan untuk menunjang gaya hidup sehari-hari? Mulai dari biaya makan, minum, nongkrong, belanja, hingga urusan pergi ke salon. Ingatlah, berhemat demi masa depan bisa dilakukan dengan cara-cara mudah. Nah, berikut adalah beberapa pengeluaran yang sering dianggap biasa, namun ternyata bikin mengikis dompet. Apa saja?

Ngopi di Kafe

Memang minum kopi di kafe bareng teman sedang jadi tren yang dilakukan penduduk kota besar. Tapi sadar nggak sih kalau aktivitas ini bikin saldo bulanan jadi tergerus. Misalnya, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp40 ribu untuk sekali nongkrong.

Bila hal ini dilakukan tiap hari, maka kamu harus menyiap budget lebih dari Rp1 juta untuk kegiatan ini. Bayangkan bila dilakukan dalam setahun. Bandingkan dengan kopi rumahan yang hanya seharga Rp10 ribu. Berapa uang yang bisa dihemat dalam sebulan, bahkan setahun?

Beli sepatu setiap bulan

Bagi wanita, sepatu baru merupakan hal paling menggoda untuk membuka dompet. Keinginan untuk memiliki sepatu baru bukan hal yang aneh lagi, apalagi kalau sepatunya keluaran terbaru dari brand favorit.

Kalau kamu membeli sepatu baru dengan asumsi harga setidaknya minimal Rp500 ribu, coba hitung berapa yang harus dihabiskan dalam setahun? Akan lebih baik bila kebutuhan ini dijadwalkan. Misal hanya membeli sepatu baru 3 bulan sekali. Berapa uang yang bisa dihemat?

Member gym

Sehat itu penting dan olahraga jadi salah satu aktivitas yang berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, nggak heran kalau banyak sekali wanita yang mulai ikut-ikutan mendaftar jadi member di gym.

Sebenarnya, hal ini sah-sah saja dilakukan. Sayangnya, kebanyakan dari kita hanya bersemangat di awalnya saja. Selanjutnya malas, sering bolos, bahkan ada yang nggak pernah ikut ngegym sama sekali. Padahal, biaya keanggotaan udah dibayar untuk setahun kedepan.

Nah, nggak ada yang salah memang mengikuti gym apalagi tujuannya untuk menjaga kesehatan. Tapi alangkah baiknya, coba mulai dengan olahraga lain yang sebenarnya bisa lebih murah. Mulai dari berlari atau bergabung dengan komunitas olahraga yang saat ini banyak bermunculan.

Beli barang bermerek keluaran terbaru

Saat mengetahui bahwa ada barang keluaran terbaru dari sebuah merek terkenal, biasanya para wanita langsung segera datang ke mall dan membeli barang tersebut untuk memuaskan hasrat belanja dan kepuasan diri. Pastinya harga barang  dapat dikategorikan mahal dan bisa membuat perencanaan keuangan berantakan.

Untuk itu, kurangilah kebiasaan buruk yang satu ini dan menggantinya dengan membeli barang pada momen garage sale. Kamu bisa mendapatkan barang dengan merek ternama dengan kualitas yang bagus dengan harga miring bahkan bisa 70 persen lebih murah.

LATEST ARTICLE