5 Bahaya Sulam Alis yang Harus Diperhatikan

Dian Afrillia
5 Bahaya Sulam Alis yang Harus Diperhatikan

Buat para wanita, tampilan alis yang rapi adalah hal penting. Memang bentuk alis sendiri bisa berpengaruh besar pada penampilan wajah keseluruhan. Sehingga nggak heran kalau banyak wanita belajar menggambar alis agar sesuai keinginan dan lebih proporsional. Karena butuh waktu lebih lama dan harus teliti, akhirnya ada juga yang memilih untuk sulam alis dengan alasan kepraktisan. 

Dengan sulam alis, setiap hari kamu nggak repot lagi membentuk alis yang sempurna. Apalagi sekarang ini hasil sulam alis sudah bagus-bagus lho, mirip alis asli, tampak natural, dan nggak kayak tato yang hitam pekat nan aneh di wajah. 

Beberapa teknik sulam alis yang terkenal antara lain ada microblading, microfeathering, atau microshading. Nah, meski hasilnya memuaskan, tetapi jangan abai sama risiko yang bisa didapatkan ya! Berikut bahaya sulam alis yang mungkin saja terjadi padamu: 

Rasa sakit 

Hal pertama yang akan kamu rasakan selama proses sulam alis adalah rasa sakit. Pengerjaannya sendiri bisa memakan waktu dua jam dan selama itu kamu harus menahahn rasa nyeri. Sebab, sulam alis sendiri diaplikasikan menggunakan benda berbentuk pulpen dengan ujung jarum berisi tinta, seperti bikin tato. 

Risiko merusak lapisan epidermis 

Sulam alis menggunakan tinta semi permanen yang ditanamkan pada lapisan epidermis kulit dan akan terserap oleh kulit. Ditambah lagi, pengerjaannya dilakukan dengan teknik menyayat lapisan luar kulit. Adanya benda asling yang ke lapisan kulit ini akan memicu rasa sakit dan menghambar proses peredaran darah, kemudian memicu kerusakan pada lapisan kulit.

Kulit iritasi

Bahaya lain dari sulam alis adalah kulit menjadi iritasi. Teknik sayatan dan memasukan tinta ke lapisan kulit epidermis bisa memicu iritasi, terutama pada kamu yang punya kulit sensitif. Iritasi bisa muncul dalam bentuk kulit memerah, terasa perih dan panas. 

Menghambat pertumbuhan rambut alis

Ketika kamu melakukan sulam alis, tentunya alis akan terus bertumbuh dengan normal sehingga ada kemungkinan lambat laun bentuknya harus dirapikan lagi. Namun, ketahuilah bahwa tinta sulam ini bisa masuk ke pori-pori dan mengganggu pertumbuhan alismu. Bukan cuma susah tumbuh, malah ada yang sampai mengalami kebotakan alis lho. 


Bekas luka permanen

Usa melakukan prosedur sulam alis, bekas luka bisa saja terjadi tetapi biasanya akan hilang seiring waktu. Namun, bila sampai ada yang salah, bekas lukanya bisa permanen. Sangat penting untuk melakukan sulam alis di tempat terpercaya, yang memang dikerjakan oleh ahli serta menggunakan alat dan bahan berkualitas yang aman di kulit. 

 

LATEST ARTICLE