5 Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Bersoda

Hani Apriliani
5 Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi favorit banyak orang. Tapi hati-hati, ya! Sebab beberapa penelitian menunjukkan jika mengonsumsi soda dapat menyebabkan banyak penyakit, mulai dari sakit jantung hingga penuaan dini. Untuk lebih lanjut, berikut ini alasan mengapa kamu harus segera berhenti mengonsumsi minuman bersoda.

Menyebabkan penuaan dini

Penelitian terbaru yang dimuat di American Journal of Public Health menyatakan jika meminum soda secara rutin dapat membuat sel-sel tubuh menua 2 tahun lebih cepat sedangkan konsumsi soda rutin sebanyak 20 gelas per hari membuat tubuh menua 5 tahun lebih cepat. Bahkan disebutkan juga jika efek penuaan yang ditimbulkan sama seperti efek rokok pada tubuh! Serem juga, ya!

Merusak gigi

Efek buruk soda yang lainnya adalah dapat merusak gigi. Penelitian menyebutkan jika soda mempunyai kandungan citric acid yang dapat mengikis gigi hingga keropos sebelum waktunya. Bahkan hasil perusakan tersebut sama dengan apa yang dialami oleh para pecandu cocaine!

Menimbulkan obesitas

Meskipun beberapa merk mengklaim produk mereka merupakan zero sugar, tetap saja minuman bersoda nggak baik buat tubuh. Karena kadar tinggi pemanis buatan yang biasanya terdapat di dalam soda mempunyai efek yang dapat menggemukkan badan. Brooke Alpert, pengarang buku Sugar Detox menyebutkan jika pemanis buatan ini akan merangsang kadar insulin yang membuat tubuh lambat mencerna lemak.

Menyebabkan depresi

Soda juga ternyata mampu membuatmu depresi. Penelitian American Academy of Neurology pada 1550 responden menunjukkan, 30% responden yang meminum 4 kaleng soda setiap hari dalam kurun waktu 10 tahun ternyata memiliki ciri-ciri perilaku depresi dibandingkan mereka yang tidak minum soda sama sekali.

Merusak jantung

Penelitian yang dilakukan Columbia University menyatakan jika mengonsumsi soda secara rutin membuat aliran darah nggak lancar yang bisa berakibat fatal bagi jantungmu. Studi secara menyeluruh juga mengungkapkan fakta jika lebih dari 50% responden yang meminum soda menderita serangan jantung.

LATEST ARTICLE