5 Tips Menjalin Hubungan Pertemanan untuk Si Pemalu

Nesia Amarasthi
5 Tips Menjalin Hubungan Pertemanan untuk Si Pemalu

Punya sifat pemalu seringkali membuat seseorang minder untuk menjalin hubungan pertemanan dengan orang baru. Padahal, punya banyak teman itu membahagiakan lho. Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa berteman tanpa rasa enggan untuk berkenalan? Ini nih ada tips jitu buat kamu yang pemalu.

Buang anggapan negatif

Ada hal yang membuat seorang pemalu enggan menjalin hubungan pertemanan dengan orang baru. Salah satunya karena punya anggapan negatif, baik buat diri sendiri atau orang lain. Karena kamu nggak percaya diri, jadinya jadi tertutup. Cobalah berpikiran positif dan tingkatkan rasa percaya diri.

Selain itu, buang anggapan negatif terhadap orang baru. Cobalah berkenalan dan kenali lebih jauh. Jika cocok, bisa jadi sahabat.

Main keluar rumah

Rumah adalah tempat paling nyaman bagi si pemalu. Nggak perlu bertemu banyak orang kecuali keluarga. Tapi ini bisa jadi perangkap lho. Kamu nggak punya teman di luar rumah, jadi mainlah keluar rumah.

Di luar rumah banyak orang dan peristiwa yang menarik. Bisa direncanakan akan kemana dan mau ngapain. Misalnya, ikut kegiatan sosial atau nongkrong di kafe. Di tempat-tempat tersebut keterampilan dalam menjalin hubungan pertemanan akan diasah. Cobalah berkenalan dengan orang baru dan menikmati aktivitasmu di luar rumah.

Punya inisiatif membuka obrolan

Langkah ini bisa dimulai dari menantang diri sendiri. Saat berada di lingkungan baru, cobalah untuk punya inisiatif membuka obrolan. Baik dari perkenalan atau memantik obrolan yang mengasyikkan. Awalnya mungkin akan deg-degan atau khawatir ‘krik-krik’, tapi nggak ada salahnya dicoba.

Mulai dari sedikit

Dari sedikit lingkaran pertemanan, bisa jadi meluas karena keberanian semakin terasah. Rasa malu juga bukan lagi jadi alasan untuk berkenalan atau membangun pertemanan dengan orang baru.

Nah, tips selanjutnya, cobalah berteman dengan dua atau tiga orang. Dimulai dari kegemaran atau lingkungan yang sama akan jadi lebih mudah.

Tersenyum

Poin terakhir ini bisa jadi senjata ampuh. Lemparkan senyuman ketika kamu ingin berkenalan atau berteman dengan orang baru. Mimik wajah yang cemberut bikin orang lain enggan berteman, lho. Jadi, pasang senyum manis di wajah, lalu membangun hubungan pertemanan dengan baik.

Sifat pemalu sebenarnya bisa diatasi dengan mudah kok. Pada intinya perlu fokus dan tenangkan diri. Ketika sudah punya niat yang besar, si pemalu bisa menjalin hubungan pertemanan dengan mudah pun dalam lingkungan atau situasi yang baru.

LATEST ARTICLE