5 Tips Menyiasati Anak Sering Susah Tidur Malam

Dian Afrillia
5 Tips Menyiasati Anak Sering Susah Tidur Malam

Ada masanya anak susah tidur walau sudah tengah malam. Selain karena orang tua pun sudah lelah tapi harus menemani anak bermain, sering kurang tidur pun nggak baik untuk kesehatan si kecil. Apalagi jam tidur anak lebih lama dari orang dewasa, yaitu  11-13 jam untuk anak usia 2-6 tahun, dan 10-11 jam untuk anak usia 6-10 tahun. 

Bila situasi ini sering terjadi, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat anak lebih mudah tidur di malam hari. 

Batasi tidur siang anak 

Anak-anak memang disarankan untuk tidur setiap. Namun, batasi agar jam tidur siangnya nggak lebih dari dua jam, pun jangan terlalu sore agar nggak berdekatan dengan waktu istirahat malam.  Ibu juga bisa mengatur waktu tidur siangnya, misalnya setiap pukul 12 siang setiap hari. 

Jam tidur sama setiap hari 

Selain tidur siang, anak juga perlu waktu tidur malam yang sama setiap harinya. Waktunya bisa disesuaikan dengan kebiasaan, misalnya mulai pukul 7, 8, atau 9 malam. Seperti pada orang dewasa, pola yang teratur akan membuatnya terbiasa untuk tidur pada waktu yang biasa dijalankan sehari-hari.

Jadi, meski masih ada kegiatan lain, seperti bermain, nonton film, atau ada saudara menginap di rumah, jika sudah waktunya tidur, jangan biarkan anak bergadang ya! 

Siapkan ruangan tidur yang tenang 

Sebaiknya hindari memberikan televisi di kamar anak agar ketika ia sudah di kamar, berarti waktunya untuk tidur. Menonton film di kamar bisa membuat anak jadi terjaga dan sulit memejamkan mata. Kamr anak sebaiknya sudah disiapkan memang untuk tidur, seperti lampu yang redup, tempat tidur rapi dan bersih, suhunya nyaman, dan pastinya tenang. 

Bersiap untuk tidur sebelum waktunya

Mulai dari 30 menit sebelum tidur, mulai persiapkan anak untuk beristirahat. Segera hentikan kegiatan makan, minum, belajar, bermain, dan menonton. Ajak anak untuk ke kamar dan langsung di posisi tidur. Jika anak sudah biasa tidur sendiri, ibu bisa langsung meninggalkannya sendirian. Bisa juga membawa anak ke tempat tidur jika ia mulai terlihat mengantuk. 

Menemani anak 

Anak belum berani tidur sendiri? Ibu bisa menemaninya sampai ia benar-benar terlelap sebelum meninggalkannya tidur sendirian. Sambil menemani, bisa menyanyikan lagu anak-anak atau membacakan dongeng sambil menepuk-nepuk kepalanya sampai ia mengantuk lalu memejamkan mata. 

LATEST ARTICLE