5 Trik Yang Redakan Nyeri Punggung Akibat Duduk Terlalu Lama

Nesia Amarasthi
5 Trik Yang Redakan Nyeri Punggung Akibat Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa mengakibatkan nyeri pada punggung. Bagi beberapa orang, memang disebabkan oleh hal lain, misalnya kurang minum atau pernah mengalami cidera pada punggung. Yang banyak terjadi, rasa nyeri pada punggung karena terlalu lama duduk dengan posisi yang keliru. Nah, gimana agar lekas mereda dan sembuh? Ini triknya.

Perbaiki posisi duduk

Postur yang salah menjadi penyebab utama nyeri punggung. Maka, cobalah perbaiki posisi duduk. Trik pertama ini butuh dibiasakan pelan-pelan agar nyeri punggung mereda. Lantas, bagaimana posisi duduk yang tepat?

Duduk terlalu membungkuk ke depan adalah posisi yang keliru. Coba ubah kebiasaan tersebut dengan duduk tegak. Dikutip dari HelloSehat, Joan Vernikos menjelaskan bahwa tubuh tidak dirancang untuk duduk dengan posisi yang keliru.

Maka, penulis buku ‘Sitting Kills, Moving Heals’ tersebut menyarankan untuk memperbaiki postur duduk dan memberi selingan dengan bergerak atau berjalan. Posisi duduk yang tepat yaitu posisi layar laptop setara atau setinggi mata agar punggung tidak membungkuk. Pergelangan tangan tidak lebih tinggi dari siku sehingga membentuk sudut 90 derajat.

Melakukan peregangan

Setidaknya setiap dua jam lakukan peregangan pada punggung untuk redakan nyeri punggung akibat duduk terlampau lama. Trik ini bisa dilakukan dengan berjalan sekitar 15 hingga 30 menit di sekitar ruang kerja.

Bisa juga dengan melakukan beberapa gerakan yoga asana, misalnya bhujangasana atau pose cobra.  

mengatasi nyer punggung akibat terlalu lama duduk

Selingi dengan istirahat

Istirahat yang dimaksud dalam trik sederhana ini hanya butuh bangun dari kursi dan mengendurkan otot sekitar lengan hingga punggung dan pinggul.

Selama mengambil waktu istirahat, punggung bisa dipijat atau dibiarkan rileks selama beberapa saat.

Sering ganti posisi

Berganti-ganti posisi duduk itu baik untuk mengistirahatkan punggung yang tegang. Jadi manfaatkan kursi kantor yang memiliki roda dan lakukan peregangan. Misalnya dengan mengangkat lengan keatas selama sepuluh kali bernafas.

Bisa juga dengan mengganjal bantal pada bagian tulang belakang. Efeknya akan mengurangi nyeri punggung, meski tidak menyembuhkan.

peregangan untuk mengatasi nyeri punggung

Biasakan olahraga

Kekuatan punggung tergantung dengan cara cara melatih otot. Dengan olahraga, keseluruhan otot tubuh bisa menjadi lebih baik. Positifnya lagi dapat redakan nyeri punggung akibat duduk terlalu lama.

Nah, agar nyeri punggung akibat duduk terlalu lama segera reda dan sembuh, maka ubah kebiasaan berdasarkan trik sederhana diatas, ya. Jika tak mereda dan kondisi semakin parah, maka segera konsultasikan pada dokter ahli.

LATEST ARTICLE