6 Tips Sederhana Merawat Pakaian Putih

Nesia Amarasthi
6 Tips Sederhana Merawat Pakaian Putih

Pakaian berwarna putih mudah sekali kelunturan atau warnanya menguning. Permasalahan tersebut seringkali jadi bikin malas mengenakan atau membeli pakaian putih. Ini juga bikin koleksi pakaian warna putih kerap kali diabaikan. Ada kok tips sederhana untuk merawat pakaian putihmu agar tak mudah kelunturan atau menguning karena lama tak dipakai. Berikut tipsnya, cek ya.

Cuci secara terpisah

Tips ketika mencuci pakaian berwarna putih, pisahkan dengan pakaian lain yang berwarna, ya. Ini buat meminimalisir kelunturan warna lain. Warna putih mudah terihat jika terkena atau menempel warna lain di permukaannya. Jadi, sebelum mencuci pisahkan dulu pakaian yang berwarna putih.

Memisahkan warna pakaian juga bisa dilakukan untuk pakaian warna lain yang lebih terang. Apalagi jika mencuci dengan mesin cuci.

Hindari memakai deterjen berlebihan

Memakai deterjen banyak-banyak niatnya agar pakaian putih terlihat lebih bersih. Tetapi, sebenernya residu dari deterjen yang masih menempel bikin pakaian putih jadi berubah warna.

Nah, tipsnya ketika mencuci pakaian berwarna putih pakai deterjen secukupnya saja. Jika pakaian putih yang dicuci nggak terlalu banyak, cukup membubuhkan satu sendok takar deterjen. Kalau mencuci pakaian putihmu dengan tangan, gunakan takaran yang sama. Tidak terlalu banyak, namun tidak kurang.

Bersihkan segera jika kena noda

Pakaian tersusun dari serat-serat, karena itu sebelum noda terserap pada serat segera bersihkan pakaian putih jika terkena noda. Caranya, rendam dulu dengan air hangat atau bubuhkan baking soda. Kemudian kucek hingga dan bilas hingga bersih.

Jemur dibawah matahari

Berbeda dengan pakaian berwarna hitam. Pakaian dengan warna gelap justru tidak disarankan dijemur dibawah terik matahari. Sedangkan pakaian putih perlu dijemur di terik matahari agar kering sempurna dan tidak menyisakan bekas air serta deterjen.

Pilih bahan hanger yang tepat

Bahan hanger kemungkinan bisa merusak warna pakaian putih. Misalnya hanger berbahan besi yang bisa karatan. Jadi, tips menyimpan pakaian putih, hindari menggantungnya dengan hanger berbahan besi. Pilihan paling tepat adalah hanger dari fiber atau plastik yang efek mengubah warnanya lebih kecil.

Simpan di tempat kering

Beberapa bagian di lemari punya kelembapan yang tinggi. Misalnya bagian lemari yang punya sirkulasi udara tidak baik. Sirkulasi udara di lemari memengaruhi kelembapan, lho. Jadi, rekomendasi untuk merawat seluruh pakaianmu, sering-sering memastikan sirkulasi udara lemari tetap baik sehingga tidak membuat pakaian berjamur.

Pun dengan menyimpan pakaian putih, hindari menyimpannya di tempat lembab. Hindari juga meletakkan di bagian paling bawah terutama jika paling dasar lemari tidak dialasi kertas. Atau, letakkan serap air di bagian paling tersembunyi pada lemari agar tidak lembab.

LATEST ARTICLE