7 Cara Membersihkan Beauty Blender dan Brush Make Up

Nesia Amarasthi
7 Cara Membersihkan Beauty Blender dan Brush Make Up

Memakai peralatan make up setiap hari perlu membersihkannya setidaknya seminggu sekali. Karena beauty blender terbuat dari spons, sehingga bisa menyimpan sisa-sisa make up pada pori-porinya. Belum lagi sisa sebum yang menempel dan terserap di dalamnya. Jadi, jangan malas untuk membersihkannya ya.

Selain beauty blender, brush juga perlu dibersihkan lho. Simak cara membersihkan kedua peralatan make up ini secara berurutan.

Cara mencuci beauty blender

  • Siapkan peralatan mencuci

Pertama, siapkan mangkuk yang telah diisi dengan air hangat. Lalu tambahkan lima tetes sabun cair. Atau bisa memakai sabun bayi cair dan sabun khusus untuk blender cleanser. Usahakan sabun yang dipakai adalah sabun yang tidak mengandung bahan keras. Bisa memakai sabun mandi, tetapi jangan memakai sabun cuci ya.

  • Celupkan dan rendam beauty blender

Setelah peralatan mencuci sudah siap, celupkan beauty blender. Masukkan seluruh bagian beauty blender ke dalam campuran air hangat dan sabun. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Sesudah direndam, warna air kemungkinan besar akan berubah kecoklatan. Sedangkan ukuran spons beauty blender akan menggembung karena menyerap air.

  • Remas dan bilas

Selanjutnya, angkat dan remas-remas beauty blender dengan jari. Hindari meremasnya terlalu kuat ya, nanti akan merusak tekstur spons.

Lalu saat sekiranya sudah keluar semua air kotor yang ada di dalam pori-pori spons, bilas dengan air mengalir atau di bawah air kran. Membilasnya juga dengan meremas ya. Mungkin masih ada sisa-sisa make up yang masih menempel di alat ini.

  • Keringkan

Mengeringkan beauty blender tidak dengan menjemurnya di bawah terik matahari. Caranya, pakai tisu kering untuk menyerap seluruh kandungan air di dalam spons. Sambil ditepuk-tepuk dan diremas, air akan berpindah atau terserap oleh tisu kering. Nah, terakhir, jika masih terasa lembab angin-anginkan hingga kering sempurna dan bisa aman dipakai lagi.

Setelah memperhatikn kebersihan beauty blender, cek koleksi brush. Apakah ujungnya banyak sisa make up dan powder menempel. Sama seperti beauty blender, brush atau kuas juga perlu dibersihkan dengan rutin. Caranya? Begini, cek ya!

Cara mencuci brush atau kuas make up

  • Basahi dengan air hangat

Tidak perlu mencelupkan seluruh bagian kuas make up ya. Cukup basahi bagian paling ujung kuas. Usahakan, bagian pangkal kuas nggak tercelup air karena bisa bikin bulunya rontok.

  • Beri sedikit sabun

Tepat pada ujungnya yang sudah dibasahi, teteskan sabun dan bersihkan di telapak tangan.

  • Bilas

Setelah sudah dibersihkan dengan sabun, bilas dengan air.

  • Keringkan

Terakhir, keringkan brush atau kuas make up dengan handuk atau sapu tangan kering. Lalu biarkan kepala kuas menggantung di tepi meja agar tidak berjamur setelah dicuci.

Bagaimana? Mudah ‘kan cara mencuci beauty blender dan brush make up. Lakukan dengan rutin ya agar nggak jadi sarang kuman. Jangan lupa juga untuk mengganti dengan yang baru jika sudah tidak layak pakai.

LATEST ARTICLE