7 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Nesia Amarasthi
7 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme memegang kendali penuh atas kebugaran tubuh. Sistem tersebut bekerja untuk segala macam proses pada tubuh, misalnya bernafas, berpikir, mencerna, mengatur suhu, peredaran darah. Bahkan, berhasil tidaknya detoks juga dipengaruhi oleh metabolisme. Lalu, makanan apa yang bisa boosting metabolisme? Ini lho daftarnya.

Alpukat

Sebuah studi yang diterbitkan pada November 2013 di Nutrition Journal, dilansir Everyday Health. Menemukan tentang penambahan setengah alpukat saat makan siang dapat membantu orang yang kelebihan berat badan bisa mengurangi porsi makan. Ini karena alpukat adalah makanan anti-inflamasi dan mengandung asam amino serta asam lemak omega-3.

Cabe

Studi menunjukkan bahw cabe bisa membantu mempercepat metabolisme. Penelitian yang diterbitkan Juni 2017 di Bioscience Journal mengemukakan bahw senyawa aktif yang ditemukan pada cabai berperan dalam mempercepat metabolisme. Nama senyawa aktifnya adalah capsaicin.

Tempe dan tahu

Kandungan probiotik pada makanan yang diolah dari kedelai difermentasi bermanfaat untuk kesehatan usus dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sama seperti tempe, tahu dibuat dari kedelai yang mengandung kalori rendah. Manfaatnya pun tidak jauh berbeda, yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Telur

Telur tak hanya rendah kalori, tetapi juga mengandung rendah lemak dan mencegah rasa lapar. Ditambah lagi kandungan vitamin B yang berfungsi membantu mengubah makanan menjadi energi.

makanan meningkatkan metabolisme, telur

Kacang

Nah, asam amino yang ada pada kacang-kacangan tetap bekerja membakar lemak meski sedang beristirahat. Jenis makanan ini mampu mempertahankan massa otot dan lemak baik. Seratnya juga hanya mengandung sedikit kalori, jadi aman dijadikan cemilan.

Biji-bijian utuh

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Maret 2017 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa biji-bijian utuh sangat bermanfaat. Orang yang mengganti konsumsi bijian olahan dengan bijian utuh akan kehilangan kalori selama proses pencernaan. Oiya, biji-bijian utuh tinggi kandungan serat lho.

Jahe

Dikutip dari Medical News Today, menambahkan jahe dalam makanan dapat meningkatkan suhu tubuh dan laju metabolisme. Jahe juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan.

Studi yang dilakukan pada tahun 2018, jahe juga bisa menurunkan berat badan. Jenis makanan ini termasuk rempah-rempah yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

makanan meningkatkan metabolisme, jahe

Segera cek stock makanan di kulkas, ya. Lengkapi dengan salah satu dari 7 jenis makanan diatas yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Bisa juga dengan menambahkan jenis makanan lain seperti kale, brokoli dan teh hijau untuk menurunkan kadar gula darah.

LATEST ARTICLE