Agar Tetap Awet, Begini 7 Cara Merawat dan Mencuci Bustier

Hani Apriliani
Agar Tetap Awet, Begini 7 Cara Merawat dan Mencuci Bustier

Bustier sering digunakan oleh kaum wanita saat menggunakan kebaya. Apalagi, jika menggunakan baju kebaya dengan bahan tembus pandang. Adanya bustier sangat membantu sebagai pengganti kemben agar bagian dada dan pinggang tetap tertutup sempurna.

Bustier umumnya didesain khusus menggunakan bahan kain dengan lapisan dalam yang lebih tebal dan kaku. Fungsinya, supaya bisa menopang tubuh jadi terlihat anggun. Karena terbuat dari bahan khusus, maka diperlukan perawatan tersendiri supaya rangka balein pada bustier nggak cepat patah.

Supaya bustier tetap awet dan dapat digunakan hingga jangka panjang, begini cara sederhana yang bisa kamu lakukan dalam merawat bustier:

  • Setelah digunakan, lepas bustier lalu angin-anginkan di jemuran pakaian atau kursi. Usahakan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, ya. Cukup anginkan bustier selama 30 menit hingga satu jam saja. Jangan terlalu sering mencuci bustier agar tak cepat rusak.
  • Jika ingin mencuci bustier, rendam menggunakan air hangat bersama dengan deterjen berbahan lembut, misalnya deterjen khusus untuk baju bayi atau sabun mandi cair. Hindari penggunaan deterjen pakaian biasa sebab dapat merusak bahan bustier.
  • Jangan menggunakan mesin untuk mencuci bustier. Cukup cuci menggunakan tangan saja. Jika terdapat noda, bersihkan dengan sikat gigi hingga kotoran menghilang.
  • Bilas dengan air mengalir dan jangan memelintir bustier untuk mengeluarkan air di dalamnya. Jika kamu melakukan hal ini, besar kemungkinan kawat bustier bisa patah atau bengkok.
  • Untuk menghilangkan airnya, cukup bungkus bustier ke dalam handuk yang menyerap air. Ketika sudah tidak ada tetesan air lagi, gantung menggunakan hanger besi dengan bagian dalam bustier menghadap ke luar dan hindari jemur di bawah matahari langsung.
  • Setelah benar-benar kering, simpan bustier di dalam plastik atau kotak supaya tidak berdebu. Jangan melipat bustier sebab bekas lipatan bisa merusak bentuk bustier. Cukup bentang dengan cup menghadap ke atas agar tidak merusak bentuknya.
  • Alternatif lain yaitu gantung menggunakan hanger. Namun tidak disarankan menggantung dalam waktu lama karena bahan bustier dapat meregang.

LATEST ARTICLE