Bayi 7 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Ini Sebabnya!

Hani Apriliani
Bayi 7 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Ini Sebabnya!

Umumnya, bayi memiliki tanda munculnya gigi pertama pada usia 6 bulan. Tapi dalam beberapa kasus, gigi pertama muncul ketika bayi baru menginjak usia 3 bulan. Namun, ada juga bayi yang belum punya gigi hingga memasuki usia 12 bulan.

Bingung juga ya, mom. Si kecil harus mulai belajar makan makanan padat, tapi giginya belum tumbuh sempurna. Mengapa pertumbuhan giginya bisa terlambat, ya? Nah, kenali penyebabnya di bawah ini yuk!

Faktor genetik atau keturunan

Jika keturunan si Kecil memiliki riwayat tumbuh gigi yang lama mungkin saja si Kecil juga mengalaminya. Hal ini terjadi karena si Kecil mewarisi gen dari Ibu dan Ayah. Sehingga wajar saja jika gigi si Kecil tumbuh lebih lama.

Jenis kelamin

Faktor ini juga sangat mempengaruhi pertumbuhan gigi si Kecil. Bayi perempuan cenderung lebih cepat tumbuh giginya dibanding laki-laki. Jika teman mom memiliki bayi perempuan sementara mom punya bayi laki-laki wajar saja pertumbuhan giginya lebih cepat.

Kekurangan gizi

Pertumbuhan gigi memang membutuhkan banyak nutrisi agar prosesnya berjalan lancar. Jika si Kecil kekurangan gizi tentu saja pertumbuhan giginya lama. Proses pertumbuhan gigi dialami mulai usia 4 – 6 bulan. Pada usia tersebut kebutuhan gizi si Kecil masih berasal dari ASI. Sehingga mom perlu memberi ASI eksklusif usia 6 bulan pertama si Kecil. Dengan pemenuhan gizi yang cukup si Kecil akan tumbuh sehat.

Kekurangan vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang gigi. Dari vitamin D akan dihasilkan kalsium yang dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Jika si Kecil kekurangan vitamin D maka pertumbuhan tulang dan giginya akan lama. Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari. Sehingga mom perlu membawa si Kecil untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari tersebut akan memenuhi kebutuhan vitamin D si Kecil.

Adanya penyakit

Gigi si Kecil tumbuh lebih lama kemungkinan karena adanya penyakit. Jika berkaitan dengan penyakit maka mom perlu berkonsultasi dengan dokter. Agar mom tahu kondisi kesehatan si Kecil. Jika positif karena penyakit dokter bisa memberikan penyelesaian yang lebih baik.

LATEST ARTICLE