Bukan Pemalu! Begini Ciri-Ciri Kepribadian Introvert

Nesia Amarasthi
Bukan Pemalu! Begini Ciri-Ciri Kepribadian Introvert

Setiap manusia memiliki kepribadian. Terdapat tipe kepribadian yang dikenal sejak  tahun 1960-an. Seorang psikolog Carl Jung secara umum membagi menjadi dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Nah, apakah kamu penasaran, dengan tipe kepribadian introvert?

Kepribadian introvert sering salah dipahami. Kepribadian ini memang lebih pendiam dibanding tipe lainnya, ekstrovert. Tetapi bukan pemalu, orang introvert cenderung pendiam, tenang dan instrospektif. Lantas, ciri-ciri kepribadian introvert cek dibawah ini.

Butuh menyendiri untuk mengembalikan energi

Ini yang khas dari orang berkepribadian introvert. Ia lebih suka bertemu dengan orang-orang dekat ketimbang dengan orang baru. Orang introvert merasa bahwa berkumpul dengan banyak orang bisa menghabiskan energi.

Tipe kepribadian ini tidak menolak untuk bergaul, hanya saja ia butuh sejenak menyendiri dan mengembalikan energi.

Bisa bahagia meski sendiri

Lebih unik lagi, tipe introvert bisa bahagia meski sendiri. Dengan sendiri, menurutnya bisa tetap produktif, bahagia dan sehat.

Nggak suka keramaian

Fokus tipe kepribadian introvert mudah terdistraksi dari dunia luar. Jika berada di lingkungan yang ramai, ia susah produktif. Ia juga susah fokus mengerjakan sesuatu jika banyak hal lalu-lalang disekitarnya.

Pemikir

Orang introvert punya kesadaran tinggi terhadap pilihannya atau bahkan seluruh hal tentang dirinya sendiri. Karena tipe pemikir jadi lebih suka menekuni hobinya.

Menyukai kebebasan

Dalam karir, orang dengan tipe kepribadian introvert lebih suka profesi yang membebaskan berekspresi. Seperti penulis, seniman, desain grafis dan lain sebagainya.

Merasa nggak harus mengikuti tren

Dari sosoknya yang tenang terlihat ciri-ciri pada poin ini. Nggak harus mengikuti tren yang bikin dirinya merasa stres dan obsesif. Tipe introvert merasa nggak perlu selalu up to date sama tren.

Sering jadi tempat curhat

Karena lebih pendiam, orang lain suka mencurahkan banyak cerita pada seseorang berkepribadian introvert. Pun saat ada di forum, tipe introvert lebih suka diam dan menyimpan argumen dalam pikirannya sendiri. Jika ditanya, baru dia akan mengungkapkannya.

Lebih hati-hati

Dalam mengungkapkan pikiran ke orang lain, orang introvert akan sangan berhati-hati. Ia lebih suka menyampaikan dengan tulisan sehingga nggak beresiko menyakitkan hati.

Selain dengan tulisan, orang introvert menghadapi masalah dengan tenang. Jika ada pendapat yang kontra, ia akan diam sejenak dan menunggu emosi mereda. Baru ia akan merespon dengan ide-ide cemerlangnya.

Setiap kepribadian mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ya, karena manusia nggak ada yang sempurna.

LATEST ARTICLE