Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Akibat Hand Sanitizer

Dian Afrillia
Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Akibat Hand Sanitizer

Pandemi Covid-19 belum berakhir, tapi sudah cukup banyak kegiatan yang bisa kembali dijalankan. Buat yang terpaksa keluar rumah, pastinya selalu sedia hand sanitizer untuk dipakai ketika nggak ada tempat untuk cuci tangan dengan air dan sabun. 

Awalnya menggunakan hand sanitizer terasa baik-baik saja. Toh kemasannya kecil bisa mudah dibawa bepergian dan teksturnya pun masih cukup nyaman dipakai. Namun, lama kelamaan banyak orang mengeluhkan tangannya jadi lebih kering karena terlalu sering pakai hand sanitizer. 

Apakah kamu mengalami hal serupa? Kalau iya, lakukan cara berikut untuk mengatasinya. 

Memilih cuci tangan pakai air dan sabun

Kamu mungkin ingin tangan selalu dalam keadaan bersih sampai nggak sadar menghabiskan banyak hand sanitizer dalam sehari. Bayangkan lima hari seminggu kamu keluar rumah, bukan nggak mungkin kamu menghabiskan lebih dari sebotol hand sanitizer kalau dipakainya cukup sering. 

Memang banyak produk hand sanitizer yang kurang ramah untuk kondisi kulit tangan jika dipakai terlalu banyak dan berturut-turut. Maka dari itu, biasakanlah untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Mungkin agak repot harus mencari tempat cuci tangan, tapi demi mengurangi ketidaknyamanan di tangan, kenapa enggak? 

Pakai hand cream 

Setelah pakai hand sanitizer ataupun cuci tangan pakai air, kamu wajib pakai hand cream. Sebenarnya mirip sama body lotion cuma biasanya lebih melembapkan dan ukuran kemasannya kecil. Fungsi hand cream ini bisa membantu regenerasi sel-sel kulit di area tangan, mencerahkan, melembapkan, dan membuat tangan jadi lembut. 

Hand cream ini aman dan nyaman dipakai berkali-kali ketika kamu sedang beraktivitas. Biasanya dipakai untuk yang sering berada di ruangan ber-AC karena juga bikin kulit terasa lebih kering dan dehidrasi. Beberapa merek hand cream paling terkenal antara lain dari brand The Body Shop, Innisfree, Oriflame, dan L'occitane. 

Perawatan dengan hand mask 

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau masker nggak cuma ada buat wajah atau rambut lho, tapi khusus untuk tangan pun ada. Hand mask bisa kamu gunakan secara rutin untuk membuat kulit area tangan jadi lebih ternutrisi, terhidrasi, dan menjaga kelembapannya. 

Untuk hand mask, kamu bisa gunakan pada malam hari agar hasilnya lebih maksimal. Pemakaiannya bisa 1-3 kali seminggu tergantung kebutuhan ya. 

Buat yang bingung beli hand mask di mana, sebenarnya banyak kok brand kecantikan yang punya produk ini. Antara lain ada Aveeno, Dr. Jart, Innisfree, HolikaHolika, dan BioAqua.  

LATEST ARTICLE