Fakta Menarik di Balik Film Tilik

Dian Afrillia
Fakta Menarik di Balik Film Tilik

Film pendek berjudul “Tilik” yang tayang sejak 17 Agustus masih ramai diperbincangkan. Ceritanya terasa dekat dengan kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Ketika menontonnya, kamu akan merasa bahwa suasana yang ditayangkan di film ini memang sangat umum. 

“Tilik” ini menceritakan tentang sekumpulan ibu-ibu yang hendak menjenguk Bu Lurah dengan menumpang truk. Selama perjalanan, suasananya jadi seru karena sosok Bu Tedjo yang sibuk bergunjing soal wanita muda lajang bernama Dian. 

Menurut cerita Bu Tedjo, sosok Dian ini kabarnya punya pekerjaan yang mencurigakan da sedang dekat dengan anak laki-laki Bu Lurah. Lalu ada soso Yu Ning yang nggak suka terhadap sikap Bu Tedjo yang selalu bergunjing. Akhirnya, mereka berdebat seru di atas truk sepanjang perjalanan ke rumah sakit. 

Selain mengangkat budaya menjenguk, film ini juga menceritakan tentang hoaks terjadi di mana-mana dan bagaimana perkembangan teknologi internet juga bisa dirasakan oleh masyarakat pedesaan.

Diakui sang sutradara, Wahyu Agung Prasetyo, film pendek ini menceritakan tentang fenomena menjenguk orang sakit yang ada di masyarakat Indonesia. Wahyu sendiri sebenarnya nggak pernah mengalami langsung, tapi setelah mengetahui budaya menjenguk ini ia langsung observasi dan mengangkat ceritanya dalam sebuah karya audio visual. 

"Karena semacam budaya tilik itu, dia itu mengajak sosialnya untuk saling peduli, untuk saling berbagi ke sesamanya tapi dengan cara yang unik," kata Elena Rosmeisara sebagai produser film “Tilik.” "Bayangin aja ibu ibu sekampung naik truk untuk melihat, menjenguk satu orang yang sakit. Itu kan kayak wow.” 

Pemeran dalam film ini antara lain Siti Fauziah, Brilliana Desy, Angelina "Punyk", Dyah Mulani, Luly Syahkisrani, Hardiansyah Yoga Pratama, Tri Sudarsono Gotrek, dan Ratna Indriastuti. 

Setelah tayang di channel Youtube Racavana Films, nama Bu Tedjo langsung ramai dibicarakan netizen. Ditambah lagi gosip yang panas dan bikin penonton ikut merasakan gemas plus terbawa emosi. 

 

LATEST ARTICLE