Ibu Wajib Tahu, Ini 3 Keistimewaan yang Dimiliki Bayi Prematur

Dian Afrillia
Ibu Wajib Tahu, Ini 3 Keistimewaan yang Dimiliki Bayi Prematur

Ketika sedang mengandung, setiap ibu pasti menginginkan buah hatinya bisa lahir dengan normal tanpa kekurangan apapun. Salah satu hal yang sering ditakutkan para ibu hamil adalah bayi lahir prematur. Jika normalnya bayi lahir di usia kehamilan 40 minggu, disebut prematur bila sudah melahirkan di bawah usia 37 minggu atau bahkan kurang dari 28 minggu. 

Bayi prematur memang cenderung rentan terserang penyakit atau bisa juga perkembangannya terhambat. Namun, bila memang ibu terpaksa melahirkan prematur, jangan berkecil hati ya! Sebab bayi prematur memiliki keistimewaan tersendiri seperti berikut ini: 

Cerdas di bidang pendidikan 

Mungkin banyak ibu yang takut anak lahir prematur akan mengalami gangguan pada perkembangan kognitifnya. Namun, menurut penelitian Northwestern University and Northwestern Medicine, bayi yang lahir prematur bisa memasuki sekolah pertamanya di taman kanak-kanak pada usia yang tepat. 

Anak-anak ini juga bisa memiliki kemampuan yang baik di sekolah. Jadi, anak-anak akan tetap bisa berprestasi di sekolah dan menjadi sukses saat dewasa kok! 

Membantu orang tua untuk lebih sabar

Memang nggak bisa dipungkiri bahwa anak-anak yang lahir prematur ini cenderung lebih rentan. Ini akan membuatmu sebagai orang tua menjadi lebih sabar menghadapi kondisi anak dan memberinya perhatian lebih besar. Meski ada kekurangan, orang tua akan lebih waspada dalam menjaga dan memperhatikan kesehatan serta perkembangan anak. 

Bayi prematur tetap bisa sehat 

Apakah bayi prematur selalu identik dengan sakit-sakitan? Nggak selalu kok! Menurut penelitian Journal of American Medical Association, bayi lahir prematur bisa tumbuh dengan sehat dan nggak memiliki masalah kesehatan ketika dewasa. Justru anak-anak ini termasuk istimewa karena mampu bertahan dan kuat sejak lahir.

“Seseorang yang lahir prematur mampu menjalani kehidupan yang sehat dan tangguh dengan fungsi keseluruhan tubuh baik saat dewasa,” kata Dr. Casey Crump, peneliti dari Department of Family Medicine and Community Health di Icahn School of Medicine.

Sejak kecil, ibu bisa berkonsultasi secara berkala dengan dokter untuk memantau kondisi kesehatan anak dan mendapatkan saran yang tepat untuk membantunya agar bisa tumbuh dengan baik. 

LATEST ARTICLE