Kenali 7 Manfaat Mengonsumsi Kefir Bagi Tubuh

Hani Apriliani
Kenali 7 Manfaat Mengonsumsi Kefir Bagi Tubuh

Bahan makanan ini sedang kembali naik daun di kalangan pecinta makanan sehat. Hal ini karena kefir adalah sumber probiotik yang sangat bermanfaat bagi pencernaan dan kesehatan usus. Kefir dapat dibuat dari semua jenis susu, mulai dari kambing, sapi, kelapa, beras, hingga kedelai. Dibanding yoghurt, kefir biasanya lebih encer dan dinikmati dengan cara diminum. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kefir:

Kandungan probiotik tinggi

Kefir memiliki kandungan probiotik tiga kali lebih tinggi dibanding yoghurt. Probiotik sangat dibutuhkan oleh tubuh karena membantu mengekang pertumbuhan bakteri berbahaya dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kefir sendiri dibuat dengan fermentasi susu dari 10 hingga 20 jenis bakteri dan ragi, di mana yoghurt biasanya hanya difermentasi dengan beberapa jenis saja. Hal inilah yang membuat jumlah probiotik dalam kefir lebih tinggi.

Mengandung Lactobacillus Kefiri

Bahan makanan sehat berwarna putih ini mengandung Lactobacillus Kefiri, yakni jenis probiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E. coli.

Sumber tenaga dan kalsium

Mengandung 20% kalsium dari kebutuhan asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh. Selain itu, kefir juga mengandung vitamin K2 yang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Kamu dapat mengganti susu biasa dengan kefir untuk mendapatkan asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kaya Vitamin B

Kefir adalah sumber dari beberapa vitamin B yang penting untuk kesehatan dan menjaga agar tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Tak hanya itu, Kefir juga sarat akan vitamin B1 yang dapat membantu kamu menahan stres dan biotin yang berfungsi membantu mendistribusikan vitamin B dalam tubuh.

Sumber protein alami

Mengonsumsi kefir adalah cara yang baik untuk mendapatkan protein ekstra bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Satu cangkir kefir memiliki kurang dari 100 kalori, namun tetap memberikan 10,5 gram protein yang dapat membantu kamu merasa lebih kenyang tanpa lemak ekstra.

Kandungan Tryptophan

Rasa kantuk dan relaks setelah makan siang biasanya muncul karena adanya triptofan, yaitu salah satu jenis asam amino yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Asam amino ini juga ditemukan dalam kefir, yang dapat memberikan efek relaks setelah mengonsumsinya.

Memperbaiki Pencernaan

Penelitian tentang kefir masih terbatas, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association tahun 2013 menemukan bahwa kefir membantu melancarkan pencernaan dengan mengurangi gejala efek buruk yang disebabkan oleh laktosa.

LATEST ARTICLE