Lengkap! Ini 5 Manfaat dan Gambar Daun Ubi Kayu Untuk Ibu Menyusui

Nesia Amarasthi
Lengkap! Ini 5 Manfaat dan Gambar Daun Ubi Kayu Untuk Ibu Menyusui

Daun ubi kayu selalu mewarnai seporsi menu nasi padang. Baik sebagai lalapan rebus atau dimasak menjadi gulai. Selain rasanya yang gurih, manfaatnya banyak bagi ibu yang sedang menyusui. Mungkin tak asing dengan berbagai masakan yang mencampurkan daun ini didalamnya. Namun, nggak banyak yang tahu lho tentang manfaatnya.

gambar daun ubi kayu atau singkong

Gambar daun ubi kayu atau singkong (Source image: Dream)

Penelitian membuktikan bahwa daun ubi kayu atau sering disebut dengan singkong mengandung banyak nutrisi. Bagi ibu yang sedang menyusui, protein dan serat yang terkandung pada daun singkong sangat bermanfaat. Dikutip dari Sehatq, daun ubi kayu juga mengandung vitamin B1, B2, C, karotenoid dan mineral.

Untuk mendapatkan manfaat lengkapnya bagi ibu menyusui, cek uraian dibawah ini.

Meningatkatkan produksi ASI

ASI yang berkualitas bisa memberikan nutrisi cukup bagi bayi di bawah usia 2 tahun. Selain mendukung pertumbuhan, semakin banyak ASI yang diproduksi dengan kandungan mineral dan vitamin yang cukup maka akan membuat bayi semakin sehat. Daun ubi kayu mempunyai manfaat itu, lho.

Melancarkan sistem pencernaan

Serat baik pada daun singkong bisa membantu mengurangi konstipasi. Dengan sistem pencernaan normal, maka pemberian ASI bagi sang buah hati juga tidak akan tersendat. Oiya, daun ubi kayu juga bermanfaat menyembuhkan wasir dan memperkecil kemungkinan menderita kanker usus besar.

Mendukung kecukupan gizi

Terlihat sederhana meski manfaatnya setingkat dewa. Kalo dilihat dipasar, harga juga tergolong miring jika dibandingkan sayuran lainnya. Daun ubi kayu juga sangat mudah untuk ditanam di halaman rumah, lho.

gambar daun ubi kayu dimasa kuning

Gambar daun ubi kayu dimasak sayur kuning (Source image: Selerasa)

Kandungan asam amino yang mirip dengan telur punya manfaat baik untuk mendukung kecukupan gizi. Jika dibandingkan dengan makanan lain, daun singkong nggak akan kalah sedikit jumlah nutrisinya.

Mencegah kanker

Salah satu zat antioksidan yang disebut dengan polifenol ada di daun singkong. Fungsinya, mencegah kanker dan dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Menyeimbangkan gula darah

Manfaat lainnya dari daun ubi kayu adalah memperlambat penyerapan glukosa pada makanan. Yang akhirnya bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Jadi, daun singkong tak hanya bermanfaat untuk ibu menyusui saja, ya. Tetapi juga menurunkan resiko terena diabetes tipe 2.

gambar daun singkong

Gambar daun singkong (Source image: IDN Times)

Menurunkan LDL

Kolesterol jahat atau LDL seringkali mengganggu fitalitas tubuh bagi ibu yang sedang menyusui. Karena banyak mengkonsumsi nutrisi untuk bayi, hingga lupa mengukur berapa kolesterol yang terkandung dalam sepotong atau dua gorengan.

Daun ubi kayu bisa mengatasinya, kok. Makanan yang kaya serat terbukti menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Saran aman penyajian, hindari mencampurkan daun singkong dengan santan, ya. Sesekali tak masalah, tetapi tetap dalam perhitungan.

LATEST ARTICLE