Membantu Orang Tua, Ini 5 Pekerjaan Rumah Yang Bisa Dilakukan Anak 

Dian Afrillia
Membantu Orang Tua, Ini 5 Pekerjaan Rumah Yang Bisa Dilakukan Anak 

Sejak kecil, anak sudah bisa diberikan beberapa pekerjaan rumah tangga. Bukan hanya meringankan tugas orang tua di rumah, tapi bisa demi kehidupan yang lebih baik setelah ia dewasa. 

Menurut sebuah penelitian di Harvard, anak-anak yang terbiasa membantu orang tua di rumah akan mendapatkan kehidupan yang lebih layak nantinya. Membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah mengajarkan anak tentang kemandirian, kebahagiaan, dan kedewasaan. 

Tugas yang diberikan juga mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dan memahami arti bekerjasama. Lalu, tugas seperti apa sih yang bisa diberikan pada anak? 

Membereskan mainan

Pertama-tama, bisa mulai ajak si kecil membereskan mainannya sendiri. Setelah puas bermain, minta ia mengembalikan pada tempat semula. Agar lebih mudah, bisa siapkan box atau keranjang besar untuk menyimpan mainannya lalu tempatkan di sudut ruangan. 

Merapikan tempat tidur 

Ajak anak untuk rutin merapikan kembali tempat tidur setiap pagi. Minta dia untuk menata bantal dan gulingnya, lipat selimut, dan rapikan seprai. Jika sudah lebih besar, anak bisa diajarkan untuk merapikan kamar secara keseluruhan. 

Melipat pakaian 

Setelah selesai mencuci, bisa ajak anak untuk melipat pakaian. Jika terlalu sulit, berikan tugas melipat celana yanag lebih mudah. Anak juga bisa diberi tugas memilah-milah pakaian berdasarkan pemiliknya. 

Menyiram tanaman

Wah, kalau ini sih anak pasti senang karena bisa bermain air. Ibu bisa mengajak anaknya untuk menyiram tanaman setiap pagi. Untuk mengantisipasi anak akan kelewat senang bermain air, lakukan pekerjaan ini sebelum waktunya mandi ya. 

Menyiapkan makanan

Ini juga nggak kalah seru! Anak akan bersemangat saat bisa menyiapkan makanannya sendiri. Bisa mulai dengan memberi topping pada roti tawar, membantu ibu bikin kue atau cemilan, atau memecahkan telur. Untuk anak yang sudah lebih besar, perlahan-lahan diajarkan masak juga boleh lho. Namun, tetap hati-hati dengan pisau dan kompor ya. 


LATEST ARTICLE