Mengenali Tanda Pasangan Posesif Sejak Awal Hubungan

Dian Afrillia
Mengenali Tanda Pasangan Posesif Sejak Awal Hubungan

Punya pasangan posesif  itu menjengkelkan sebab semua pergerakan kita jadi terbatas dan dikendalikan. Padahal, kamu punya hak untuk melakukan apapun dengan tanggung jawab sendiri lho. Selama bukan melakukan hal terlarang dan membahayakan, harusnya jadi keputusan pribadi aja, kan? 

Banyak orang merasa pasangannya berubah jadi posesif setelah berhubungan cukup lama. Namun, ada juga lho pasangan yang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda posesif sejak awal. Kalau dibiarkan, perilaku ini bisa berubah jadi lebih toxic, bahkan berujung pada kekerasan. 

Untuk mencegah hal tak diinginkan, mari kenali tanda-tanda pasangan posesif yang biasanya sudah terlihat sejak awal. Bila mengalaminya, segera pertimbangkan kembali hubungan ya!

Cemburu berlebihan 

Sejak awal sebenarnya pasanganmu sudah mulai menunjukkan perilaku posesif jika ia sering cemburu berlebihan. Dia sering mempertanyakan teman-temanmu, terutama yang lawan jenis. Lama-lama menunjukkan rasa nggak suka jika kamu ada kontak dengan lawan jenis, meski orang itu adalah sahabat lamamu. 

Mulai suka mengatur

Pasangan yang posesif cenderung suka mengatur soal apapun. Mulai dari apa yang boleh dan nggak boleh kamu makan, kamu pakai, kamu kerjakan, dan kamu milikki. Apapun yang ingin kamu kerjakan, dia mesti tahu dan memberi persetujuan. Termasuk soal kegiatan, pertemanan, dan hal-hal yang nggak masuk akal. 

Curigaan 

Apapun yang kamu lakukan, dia akan curiga. Padahal kamu sudah berkata jujur dan memberikan informasi lengkap, dia tetap nggak percaya. Kalau kamu pergi dengan teman-teman, dia akan mencurigai kamu berbohong. Bahkan, ketika kamu nggak bisa dihubungi karena ketiduran di rumah pun, dia pasti berpikir aneh-aneh. 

Harus tahu jadwal kegiatanmu

Awalnya mungkin terasa seperti dia adalah pasangan yang perhatian jika bertanya kegiatanmu seharian. Lama-lama, mengganggu juga lho kalau setiap pergerakanmu seperti diawasi. Padahal, dia tahu pasti rutinitasmu, tapi selalu harus update kegiatan setiap saat. Kalau kamu malas menjawab, bukan nggak mungkin dia akan kesal dan marah. 

LATEST ARTICLE