Oscar Lawalata dan Ceritanya di Balik Operasi Kelamin

Dian Afrillia
Oscar Lawalata dan Ceritanya di Balik Operasi Kelamin

Beberapa waktu lalu muncul berita Oscar Lawalata berubah menjadi wanita. Kini, sang perancang busana kembali blak-blakan soal operasi kelamin yang telah ia lakukan. 

Fashion designer kelahiran Pekanbaru, 1 September 1977, ini dikabarkan telah melakukan operasi kelamin karena ingin jadi wanita seutuhnya. Oscar yang kini berganti nama jadi Asha Smara Darra merasa lelah karena walaupun tampilannya wanita, tetapi identitas di mata hukum masih dianggap pria. 

“Saya mulai merasa capek berdiri di dua sisi. Misalnya orang memanggil saya ibu di luar, pas aku ngasih paspor langsung berganti pak, kata Oscar. 

Menjalani operasi kelamin tentu butuh proses panjang. Oscar sebelumnya mencari tahu seluk beluk soal operasi dan bagaimana teknologinya sampai akhirnya melakukan operasi di luar negeri. Usai operasi, ia pun masih harus berjuang dengan proses penyembuhan sekitar setahun lamanya. 

Awalnya Oscar sempat berpikir bahwa keputusan operasi ini sama saja dengan bunuh diri, tetapi nyatanya kini ia merasa lega dan semua berjalan baik. Ia pun bersyukur dan mengaku nggak menemukan kesulitan untuk beradaptasi menjadi transgender.

"Terima kasih Tuhan, semuanya berfungsi dengan baik. Benar, aku enggak bohong," katanya. Setelah menjadi wanita seutuhnya, ia berjanji akan jadi pribadi yang lebih kuat dan menjalani hidup yang positif. 

Oscar Lawalata merupakan perancang busana kenamaan Indonesia. Karya-karyanya sebagai desainer tertuang dalam Oscar Lawalata Culture di mana ia merancang busana-busana indah dari kain tradisional dan Sha House. 

LATEST ARTICLE