Punya Pasangan Posesif? Coba Hadapi Dengan 5 Cara ini!

Hani Apriliani
Punya Pasangan Posesif? Coba Hadapi Dengan 5 Cara ini!

Dalam menjalin hubungan, kamu harus bisa mengenal sifat pasangan baik-baik. Rasa sayang dan percaya kadang jadi sifat yang diinginkan semua orang pada pasangannya. Namun, bisa jadi rasa sayang ini dilakukan oleh pasangan secara berlebihan. Inilah yang akhirnya disebut sebagai posesif. Hingga akhirnya kamu merasa kurang nyaman dalam menjalani hubungan, apalagi banyak pertengkaran yang akhirnya dipicu oleh sifat posesifnya. Jika ini yang terjadi, bukan berarti hubunganmu tak bisa diselamatkan. Pastikan kamu melakukan hal-hal ini saat menghadapi pasangan yang posesif.

Meyakinkan pasangan tentang perasaanmu

Sikap posesif sebenarnya didasari karena dia merasa insecure alias kurang percaya diri. Ia ragu apakah kamu benar-benar mencintainya dan khawatir kamu akan pindah ke lain hati. Minimalisir hal ini dengan meyakinkan bahwa pasangan adalah orang satu-satunya dalam hatimu. Setelah kamu meyakinkannya dengan tegas, ia akan merasa lebih lega dan mengurangi tingkat kecemburuannya.

Mengenalkan pasangan pada teman-temanmu

Biar si dia tak terlalu posesif, coba saja ajak pasangan ke lingkaran pergaulanmu. Dengan begitu, ia akan mengenal teman-temanmu sehingga tak menaruh rasa curiga apa pun. Ia semakin bisa mengenal dan akrab dengan mereka sehingga ia akan merasa "lebih aman" saat kamu sedang bersama teman-temanmu.

Jangan sengaja membuatnya cemburu

Kamu yang tahu pribadi pasanganmu seperti apa. Jika pada dasarnya pacarmu memang sudah cemburuan, sebaiknya kamu jangan membuatnya cemburu dengan sengaja. Jaga jarak saat berteman dengan lawan jenis dan hindari kontak fisik. Pastikan juga kamu tidak menjadikan teman lawan jenismu sebagai tempat curhat, apalagi yang kesannya pribadi. Hargai perasaan pasangan.

Filter yang kamu ceritakan

Dalam hubungan, kejujuran adalah hal penting. Namun, kalau kamu sudah tahu bahwa pasangan punya sifat protektif dan gampang cemburuan, ada baiknya kamu filter apa yang hendak kamu ceritakan. Bukan memintamu untuk berbohong, namun jangan tambahkan bumbu-bumbu yang bisa memperkeruh suasana.

Menyindirnya halus

Kalau kamu punya teman yang memiliki watak sama dengan pasanganmu, kamu bisa "pura-pura" menceritakannya pada si dia. Betapa temanmu punya sikap cemburuan dan posesif yang selalu mengekang pasangannya. Dengan sindiran halus ini, semoga pacarmu bisa merasa bahwa sikapnya sudah berlebihan.

LATEST ARTICLE