Saat Hati Harus Memilih, Mencintai Atau Dicintai?

Dian Afrillia
Saat Hati Harus Memilih,  Mencintai Atau Dicintai?

Kalau kata lirik lagu Titiek Puspa, jatuh cinta berjuta rasanya. Biar siang, biar malam, terbayang wajahnya. Bisa merasakan indahnya jatuh cinta memang jadi momen spesial bagi setiap orang. Tapi ada dua pilihan yang sering bikin bingung: lebih baik dicintai atau mencintai?

Hmm. Kalau bisa memilih, kamu lebih suka yang mana? Sebab ketika dijalankan, keduanya bisa terasa berbeda lho. Yuk kita coba jabarkan perbedaan antara dicintai dan mencintai. 

Saat kamu ada di pihak yang mencintai seseorang, kadang bisa membuatmu jadi rela melakukan apapun demi dia. Bahkan, kamu berani melakukan hal-hal yang di luar kemampuan atau mengorbankan diri sendiri. Kamu akan melakukan segala cara agar dia pun balas mencintaimu. Mencintai seseorang secara berlebihan bisa bikin kamu jadi bucin alias budak cinta. 

Sedangkan saat kamu dicintai, rasanya seperti melayang di atas awan. Kamu nggak perlu terlalu berusaha karena sudah orang yang mencintaimu. Usaha akan dibutuhkan jika kalian memutuskan untuk menjalin hubungan ya! Tentu saja kedua pasangan harus sama-sama berusaha bila ingin mempertahankan hubungan. 

Nah, jadi gimana, sudah punya pilihan mencintai atau dicintai? 

"Bagi sebagian besar orang pasti berpikir merasa lebih enak dicintai, karena merasa dirinya berada di posisi lebih atas. Namun, dilihat dari sudut pandang biopsikologi bahwa mencintai itu merupakan hal yang baik," kata psikolog Efnie Indrianie, M.Psi. 

Saat kamu mencintai seseorang, hormin oksitosin dalam tubuh akan aktif dan ini merupakan hal positif bagi kesehatan fisik dan emosional. Kata sang psikolog, mencintai itu artinya dengan ikhlas memberikan kasih sayang, tetapi ketika jadi obsesi, yang adalah malah meningkatkan adrenalin dan kortisol alias hormon stres. 

Mencintai seseorang itu butuh kedewasaan dan kematangan lho agar nggak bikin kamu jadi bucin atau berujung posesif. Kamu mesti memahami cara mencintai orang lain dengan sehat. 

Nah, kekurangan dari mencintai ini sebenarnya ada dua kemungkinan, yaitu munculnya hasrat untuk mendominasi atau malah jadi budak cinta. Kamu akan sangat kecewa bila segala hal tentang orang yang kamu cintai nggak sesuai harapan, misalnya dia nggak suka sama kamu? 

Kalau kamu dicintai, rasanya akan lebih aman dan nyaman. Tapi kadang ini bikin kamu jadi egois terhadap pasangan dan bersiap semena-mena.  

LATEST ARTICLE