Sering Ngantuk Usai Makan? Coba Atasi Dengan 5 Cara Ini

Hani Apriliani
Sering Ngantuk Usai Makan? Coba Atasi Dengan 5 Cara Ini

Usai makan siang atau makan malam, mata seolah langsung terbuai dan ingin terpejam karena diserang kantuk. Rasa ngantuk ini memang tak ada obatnya selain tidur, tapi aktivitas yang banyak membuat orang tak bisa leluasa memejamkan mata. Ngantuk di tengah aktivitas yang padat memang sangat mengganggu. Tapi tak perlu khawatir karena kamu bisa mengusir kantuk ini dengan beberapa trik simpel. Berikut cara mudah untuk mengatasi ngantuk usai makan.

Bergerak

Rasa ngantuk usai makan bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Salah satunya proses alami produksi hormon serotonin dan melatonin. Dua hormon tersebut biasanya meningkat saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Usai makan, usahakan untuk jangan langsung duduk santai. Kamu bisa melakukan aktivitas kecil seperti berjalan atau bergerak. Lakukan jalan santai setidaknya 10-15 menit usai makan. Cara ini efektif mengurangi rasa kantuk karena membantu melancarkan aliran darah.

Banyak minum air putih

Salah satu penyebab rasa ngantuk dan lemas adalah dehidasi, pastikan kamu mengonsumsi cukup air putih agar kebutuhan air terpenuhi. Dehidrasi memberi kontribusi pada rasa ngantuk, lemas dan sulit berkonsentrasi.

Kurangnya cairan tubuh juga mempengaruhi proses metabolisme dan penyerapan nutrisi makanan. Minum banyak air putih 30 menit sebelum makan dan konsumsi lagi 30 menit usai makan agar proses pencernaan berjalan lancar.

Pilihan menu makanan

Makanan dengan kandungan gula tinggi akan menambah efek rasa ngantuk. Sebut saja menu makanan seperti nasi putih, roti, soft drink dan makanan manis lainnya memiliki potensi besar penyebab ngantuk.

Bukan berarti kamu sama sekali tak boleh mengonsumsinya, tapi cobalah batasi porsinya. Seimbangkan asupan makanan dengan sumber serat dan protein seperti sayuran dan buah.

Jangan terlalu kenyang

Perut lapar di siang hari kadang membuat orang kalap makan. Tanpa pikir panjang, kamu akan melahap apapun yang ada di atas piring. Cobalah kontrol emosi, semakin kenyang perut maka organ pencernaan akan semakin bekerja keras dan menyebabkan rasa lelah. Jika sudah sangat lelah, efeknya juga bisa dirasakan tubuh yang menjadi lemas dan ngantuk.

Makan permen karet

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan fokus. Kamu bisa mengunyah permen karet usai makan.

Selain membantu mengusir ngantuk, permen karet juga membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Pilih permen karet rendah gula dan kunyahlah setidaknya selama 5 menit usai makan. Usahakan minum segelas air usai mengunyah permen karet untuk membilas rongga mulut.

LATEST ARTICLE