Tepat Pada Intinya! Ini 5 Kelebihan Orang yang Tidak Suka Basa-Basi

Nesia Amarasthi
Tepat Pada Intinya! Ini 5 Kelebihan Orang yang Tidak Suka Basa-Basi

Canggung mungkin dirasakan ketika ngobrol dengan orang yang tidak suka basa-basi. Karena nggak suka bermulut manis dan menebarkan janji-janji, justru jadi kelebihan tersendiri. Pernah merasakannya?

Orang yang nggak suka basa-basi seringkali dianggap sebagai orang introvert, kurang terbuka dan nggak suka ngobrol kalau nggak penting-penting amat. Tetapi, dibalik kategorisasi yang dilandasi karakter dan sisi psikologis, jadi orang yang tidak suka basa-basi berikut kelebihannya.

Meski dinilai sombong, tapi tetap jadi diri sendiri

Basa-basi atau menanyakan hal yang nggak perlu dilakukan untuk mencairkan suasana. Tetapi, bagi orang yang nggak suka melakukannya sering dinilai sombong oleh orang lain. Padahal, membatasi obrolan itu penting lho. Kadang, kalau obrolan kemana-mana bikin nggak jadi diri sendiri. Terlebih jadi mengomentari hal lain yang bukan hak kita sendiri.

Nah, ini kelebihan pertama yang dirasakan orang nggak basa-basi. Yaitu, tetap bisa jadi diri sendiri. Orang nggak perlu memberi komentar atau penilaian pada sikap dan pilihan orang lain ‘kan? Apalagi yang nggak berhubungan dengan hal yang kita kerjakan.

Lebih jujur dan obyektif

Ini yang bikin orang tidak suka basa-basi justru dimintain pendapat tentang suatu masalah. Pada umumnya, orang yang bilang apa adanya dan nggak bertele-tele lebih jujur dalam memberikan pendapat. Ia juga memiliki jarak dengan permasalahan sehingga bisa memberikan solusi atau usulan penyelesaian masalah dengan lebih obyektif atau tidak memihak.

Nggak suka gosip atau informasi yang belum pasti

Kalau kamu suka bergosip, pasti nggak nyaman kalau ada si orang yang nggak suka basa-basi. Meskipun ia akan memilih diam ketika teman-temannya menggosip. Ini termasuk kelebihan lho, saat setiap orang membuang waktu membahas informasi yang belum pasti, ia pilih diam dan memikirkan hal yang lebih berguna.

Bisa menolak dan berkata ‘tidak’

Hal yang bukan jadi urusannya atau pekerjaannya, bisa ia tolak. Ia juga nggak suka ikut campur urusan orang lain. Nah, kalau lagi sibuk trus diajak jalan-jalan ia memilih menyelesaikan tanggung jawabnya dulu dan berkata ‘tidak’.

Lebih efektif dalam berkomunikasi

Kalau agenda ketemuan dan menghabiskan waktu yang lama karena membahas satu hal dan bertele-tele, artinya perlu ada orang yang nggak suka basa-basi dalam forum tersebut. Karena cara berkomunikasinya lebih efektif, jadinya nggak menghabiskan banyak waktu atau straight to the point.

LATEST ARTICLE