Tips Berbelanja Online Barang Preloved

Nesia Amarasthi
Tips Berbelanja Online Barang Preloved

Berdasarkan informasi yang ditulis sebuah aplikasi belanja barang preloved populer, pasar barang bekas online diproyeksikan akan tumbuh hingga 69% dari tahun 2019 hingga 2021. Disamping itu, harga beli jauh lebih murah dengan kualitas barang yang bagus. Kalau beruntung, bisa mendapatkan harga barang yang lebih miring. Tetapi nggak sedikit yang kena tipu karena terburu-buru membeli tanpa mempertimbangkan beberapa hal. Agar tak kena tipu, ini tips berbelanja online barang preloved.

Pilih online store terpercaya

Berbagai aplikasi jual beli online bisa menjadi ruang transaksi barang bekas. Seiring permintaan yang meningkat, maka pilih online store yang terpercaya. Baik karakter barang yang diperjual belikan, kualitas barang hingga harga. Agar sesuai dengan yang diharapkan, perhatikan kelengkapan informasi store, lokasi pengiriman, pengelola situs, metode pembayaran dan contact person.

Cek penilaian

Setiap store selalu memiliki review atas barang dagangannya. Mulai dari pelayanan, packaging sampai kesesuaian kualitas barang dengan gambar yang dipajang di situs. Jika ingin belanja online barang preloved, jangan lupa membaca review setiap transaksi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memperkecil kekhawatiran dan rasa kecewa karena perbedaan kualitas barang.

Periksa barang dengan teliti

Karena belanja online, pemeriksaan barang bisa dilakukan lewat deskripsi barang, foto, tag brand, dan ukuran barang preloved. Jika barang berupa pakaian, pastikan tidak ada sobek, jahitan yang rusak dan ritsleting yang macet. Oiya, jangan lupa memeriksa bahan dari barang tersebut. Pastikan bahan sesuai dengan barang yang nantinya dikirim.

Nah, jika masih ragu, pembeli bisa kirim pesan pertanyaan kepada kontak penjual.

tips berbelanja online barang bekas

Source image: Pexels/Negative Space

Riset harga

Ada baiknya untuk membandingkan antara satu penjual ke penjual lainnya. Selain memeriksa keaslian barang, pembeli juga mesti punya perkiraan harga dari barang baru dijual jadi barang preloved turun berapa persen.

Tawar-menawar harga

Beberapa situs penjualan barang bekas terbuka dengan tawar-menawar harga. Biasanya akan diberitahukan pada deskripsi. Jika menawar harus masuk akal, ya. Pada umumnya penawaran maksimal sebesar sepertiga dari harga barang.

Percaya pada penjual

Ini berlaku untuk barang preloved selain pakaian. Misalnya barang antik, lukisan, berlian, perhiasan dan sebagainya. Biasanya penjual yang terpercaya akan memberikan keterangan selengkap-lengkapnya. Dari kapan barang itu dibuat sampai siapa yang membuat atau ia mendapatkannya di kota mana.

Jika penjual kurang komunikatif, cek keterangan barang disitus-situs lain mengenai barang yang diingini.

Diatas tips efektif untuk belanja online barang preloved. Pada masa pandemi, aktivitas berbelanja memang paling aman dengan transaksi online. Meski dirumah saja, tetapi tetap bisa membeli barang kesukaan.

LATEST ARTICLE