Ucapan Duka Cita Katolik Sebagai Penghiburan saat Duka

Hani Apriliani
Ucapan Duka Cita Katolik Sebagai Penghiburan saat Duka

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Itulah janji Tuhan untuk semua makhluk hidup di dunia. Kepergian menghadap sang Ilahi pun sudah diatur waktunya. Untuk itu, hati perlu diyakinkan bahwa meninggalnya seseorang telah menjadi keputusan terbaik dari Tuhan.

Tapi, nggak semua orang punya hati yang cukup tegar untuk mengikhlaskan orang yang dicintainya pergi untuk selama-lamanya. Apalagi kalau yang ditinggalkan adalah keluarga, tentu sangat berat rasanya.

Selain doa yang tulus, ungkapan bela sungkawa bisa kamu sampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai bentuk penghiburan dalam masa duka. Meski terlihat sederhana, tapi percayalah rangkaian kata ini memiliki dampak positif yang besar.

Jika kamu sedang mencari ucapan duka cita katolik untuk disampaikan pada teman, rekan, sahabat, atau keluarga kamu bisa lihat contohnya berikut:

Ucapan Duka Cita Katolik Singkat

“Turut berduka cita. Tuhan Yesus sumber penghiburan bagi…..dan keluarga”

“Ikut merasakan duka atas dipanggil pulang ke rumah bapa di Surga. Tuhan kuatkan keluarga……”

“Turut berbelasungkawa atas meninggalnya….. semoga ia tenang di alam sana”

“Selamat jalan…..Tuhan begitu mencintanya. Pulanglah dengan damai. Kelak, kita semua akan bertemu kembali di surga-Nya yang indah”

“Selamat jalan….Tete Manis menyambutmu di Sorga”

“Turut berduka yang sangat atas dipanggil pulangnya…Kiranya Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan sejati”

“Turut merasakan duka mendalam untuk….. Tuhan Yesus sumber kekuatan dan penghiburan yang selalu menopangmu dan keluarga”

“Bahagialah bersama Bapa Sorgawi, Tuhan Yesus jaga….”

“Ikhlaslah karena kematian adalah jalan menuju rumah Bapa. Kelak kita semua pun akan bersama dalam rumah idaman di surga yang baka”

“Selamat jalan...Selamat berada dalam pelukan kasih Bapa di Surga”

“Kiranya jiwa Almarhum tenang di sisi Tuhan dan keluraga yang ditinggalkan diberikan ketabahan”

Ucapan Duka Cita Katolik Berisi Kata Bijak

Menyampaikan ucapan duka cita katolik bisa juga dengan menyematkan kata-kata bijak. Kata-kata bijak inilah nantinya yang akan menjadi penguatan bagi mereka yang ditinggalkan. Contoh serangkaian ucapan duka cita Katolik  berisi kata bijak yaitu;

“Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepergian….semoga ia tenang di sisi-Nya dan mendapat tempat terindah di surga Bapa”

“Kami sekeluarga turut berdukacita atas kepergiannya. Kiranya Tuhan Yesus memberi kekuatan dan Roh penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan”

“Turut berbelasungkawa. Ujian akan membuatmu keluar lebih dari pemenang. Tetap bersamaNya. Ia Tuhan yang sanggup memulihkan segala rasa”

“Turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas berpulangnya…..Kiranya keluarga yg ditinggalkan diberikan penghiburan, kesabaran dan kekuatan. Serta almarhum damai bersama Bapa di surga. Amin”

“Turut berduka cita….semoga….beristirahat dalam damai Tuhan dan….beserta keluarga diberikan kekuatan dan keiklasan”

“Ikut berbelasungkawa atas kepergian…..Ingatlah, badai pergumulan sebesar apapun pasti berlalu. Jadi tidak ada alasan buat putus pengharapan. Tetaplah punya pengharapan di dalam Tuhan Yesus”

“Sabar dalam kesesakan dan bertekun dalam doa. Tenanglah sebab……telah tidur dalam pelukan kasihNya”

“Selalu percaya waktu Tuhan itu indah. Tetap sabar dan kuat menerima kedaulatanNya karena itulah rencana Tuhan yang paling sempurna bagi semua keluarga”

Percayalah, kematian merupakan kehendak dari Tuhan. Tak ada yang bisa bersembunyi, pun lari dari ajal. Jika kita mengira kematian merupakan satu hal yang pahit dan buruk, justru sebaliknya.

Kematian adalah salah satu keputusan terbaik yang ditetapan oleh Tuhan. Di saat duka, kamu bisa mengingatkan keluarga yang ditinggalkan dengan ucapan duka cita Katolik seperti ini;

“Tidak ada daya dan upaya yang dapat dilakukan ketika Tuhan telah berkehendak. Namun percayalah bahwa setiap kehendak Tuhan merupakan keputusan yang terbaik. Ketahuilah bahwa orang yang engkau kasihi merupakan orang baik, Ia selalu mendengarkan dan menjalankan perintah Tuhan. Maka perjalanaannya ke surga akan dikelilingi kasih-Nya”

“Setiap yang datang akan kembali. Tuhan Memiliki rencana terbaik untuk memanggilmu. Semua ini ada hikmahnya. Damailah dalam surga Bapa. Tuhan akan memelukmu dengan penuh kasih”

Ucapan duka cita Katolik dengan Firman Tuhan

Agar pesan yang ingin kamu sampaikan lebih membawa makna pada penerima pesan, kamu juga bisa mengucapkan kata-kata duka cita Katolik dengan ayat Alkitab atau firman Tuhan. Biasanya, pada saat berduka orang cenderung merasa nyaman jika dihibur hatinya dengan hal-hal bersifat religi. Sebab, apalagi kekuatan selain memikirkan bahwa semua yang terjadi di dunia, senang maupun sedih, suka ataupun duka, merupakan kehendak dan suratan takdir dari Sang Pencipta.

Berikut ucapan duka cita katolik beserta firman Tuhan yang diambil dari Alkitab;

“Tetap kuat dan ikhlas hanya dalam nama Tuhan. Seperti firmannya dalam Yeremiah 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan’”

Ada di masa duka tentunya akan sangat mempengaruhi emosi dalam diri. Karenanya lemah dan rapuh bisa menerpa sesaat seseorang sedang dirundung duka. Untuk itu, kamu bisa menyampaikan hal ini pada sahabat, rekan, teman, atau kelurga yang tengah bersedih;

“Janganlah kau larut dalam kesedihanmu. Ingatlah janji Tuhan dalam Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu”

“Seperti hati yang teriris sembilu, aku pun bisa merasakan duka cita yang kau rasakan. Tapi, jangan pernah berputus asa sebab dalam Mazmur 147:3 tertulis Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka. Ya, Dialah Allah sang raja yang akan menyembuhkan luka hatimu”

“Tabahlah atas duka yang sedang kau alami karena Yesus senantiasa menjawab dalam Yohanes 13:7 Sekarang engkau tidak mengerti apa yang Kulakukan ini, tetapi nanti engkau akan mengerti”

“Berdoalah pada Bapa di surga sebab Ia mampu menghibur orang bersedih yang senantiasa berseru padanya. Seperti janjinya di Matius 5:4 Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur”.

Ingatlah untuk selalu meminta bantuan kepada Tuhan. Sebab hanya Dia yang mampu memulihkan hati yang luka dan mengangkat rasa duka menjadi cita.

Aku turut berduka atas kesedihan yang kau alami. Namun Tuhan Yesus telah bersabda dalam Ulangan 31:6 bahwa Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau”.

Kuasa Tuhan adalah kuasa terbesar dan tidak ada kuasa lain yang mampu menandingi kuasa-Nya. Selama kamu melibatkan Tuhan dalam segala perkara, maka Ia akan mau membantu dan ikut campur dalam segala perkaramu.

Ucapan duka cita katolik menurut firman Tuhan berasal dari ayat 2 Korintus 5:1 yang berbunyi “Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia”.

Berduka cita atas kepergian seseorang yang telah meninggalkan kita memang pahit rasanya namun kita harus tetap ingat bahwa kehidupan abadi yang akan dia dapatkan nantinya jauh lebih indah dari kehidupan sementara di dunia. Juga, cepat atau lambat kita pun akan menyusulnya.

Berilah penghiburan pada orang disekitarmu yang sedang ditimpa kesusahan. Sebab dengan begitu, dia akan menjadi tenang. Berikan dia kekuatan dan ajaklah dia untuk tetap berharap kepada Tuhan. Karena ini satu-satunya jalan agar hati menjadi ikhlas dan ringan.

LATEST ARTICLE