Wajib Dihindari, Ini Jenis Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil!

Dian Afrillia
Wajib Dihindari, Ini Jenis Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil!

Selama masa kehamilan, penting bagi ibu hamil menjaga kesehatan secara maksimal. Sebab ini demi kebaikan dirinya sendiri dan calon buah hati agar selalu berkembang dengan baik sampai lahir nanti. 

Upaya yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kesehatan pastinya dengan menerapkan pola hidup sehat ditambah dengan menghindari makanan-makanan yang memang pantang dikonsumsi ibu hamil. 

Mungkin nggak semua ibu hamil sensitif terhadap makanan pantangan berikut ini, kalau tetap mau dikonsumsi sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya agar disesuaikan dengan kondisi masing-masing! 

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil: 

Sushi

Bagi penggemar sushi, sebaiknya hindari dulu makanan ini selama hamil ya! Sebab sushi merupakan salah satu menu makanan pantangan bagi para bumil. Sushi dan sashimi dengan seafood mentah atau setengah matang sangat berbahaya bagi janin karena rentan terdapat cacing parasit di dalamnya. Kalau mau lebih aman, bisa bikin sushi sendiri tapi versi matang dan harus dipastikan persiapan dan memasaknya benar-benar steril dan matang sempurna.

Steak setengah matang

Biasanya pesan steak dengan tingkat kematangan rare atau medium? Wah, selama hamil kamu harus menjauhi steak setengah matang dulu! Daging sapi yang belum sampai matang menyeluruh adalah pantangan bagi ibu hamil. Kalau ingin makan daging, pastikan semuanya matang merata ya! Oh ya, nggak cuma daging sapi, berlaku juga untuk daging ayam, bebek, burung, dan babi. 

Ikan bermerkuri tinggi

Ketika mau makan ikan, mesti berhati-hati dalam memilih jenisnya sebab banyak yang mengandung merkuri. Ada beberapa jenis yang merkurinya paling tinggi, seperti ikan makarel raja, ikan tuna bigeye, ikan todak, ikan tuna sirip kuning, dan ikan hiu. Sebenarnya ikan-ikan tersebut jarang ada di pasar Indonesia, tetapi nggak ada salahnya mengetahui ya. Siapa tahu kamu sedang jalan-jalan ke luar negeri saat hamil dan tergoda mencoba ikan. 

Ada juga beberapa jenis seafood yang sering ditemukan di Indonesia dan memiliki kadar merkuri cukup tinggi. Ini termasuk udang, salmon, tuna, sarden, lele, ikan bilis, dan ikan nila. Jadi merkuri pada ikan ini bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi, makanya jadi pantangan bagi bumil. 

Telur setengah matang

Telur setengah matang itu memang menggoda! Mau itu telur mata sapi yang kuningnya masih lumer, poached eggs, atau telur rebus setengah matang. Sayangnya ini merupakan pantangan bagi ibu hamil sebab telur yang belum matang umumnya masih mengandung bakteri salmonella aktif. 

Kafein

Pencinta kopi harus menahan hasratnya dulu selama kehamilan. Sebab kopi termauk minuman berkafein dan ini jadi pantangan bagi ibu hamil. Kafein bisa menembus plasenta dan bisa menyebabkan gangguan pada detak jantung bayi. Mengonsumsi minuman tinggi kafein selama hamil juga bisa meningkatkan risiko keguguran lho! 

Susu

Berhati-hati juga nih buat ibu hamil yang suka minum susu. Bukan, sebenarnya bukan nggak boleh minum susu. Tapi hanya saja kamu harus memastikan bahwa susu yang dikonsumsi sudah melewati proses pasteurisasi. Produk susu yang belum di pasteurisasi bisa menyebabkan keracunan dan rentan terdapat bakteri. 

LATEST ARTICLE